MANFAAT BATANG SELEDRI

Manfaat Batang Seledri
=========================








Seledri merupakan jenis sayuran yang biasa dijadikan sebagai bumbu penyedap masakan. Baik batang seledri bisa di gunakan sebagai obat seperti Obat Titan Gel daun seledri memang memiliki aroma dan rasa yang khas sehingga mampu memberikan rasa sedap pada masakan. Selain itu, daun seledri juga sering dimanfaatkan untuk menghiasi masakan.


Seledri termasuk sayuran yang istimewa. Tidak seperti sayuran lain yang kandungannya hilang setelah dimasak, seledri masih memiliki 80% kandungan vitaminnya meski telah dimasak dalam air mendidih. Keistimewaan ini membuat seledri tetap memiliki manfaat meski dikonsumsi dalam jumlah yang sangat sedikit.


Tanaman seledri dikelompokkan dalam tanaman semak. Tinggi batang seledri biasanya kurang dari 1 meter. Batangnya bersegi dan beralur. Batang tanaman ini memiliki ruas namun tidak berbulu. Meski beruas, batang seledri bukanlah batang berkayu sehingga memiliki tekstur lunak. Batang tanaman asli Benua Amerika ini memiliki cabang berwarna hijau. Cabang seledri ditumbuhi dengan daun yang bergerigi. Ciri lain dari tanaman bernama latin Apium graveolens L ini adalah bunga dan buah yang berbentuk khas. Bunga seledri berbentuk payung berwarna putih dan terdapat pada pucuk tanaman yang sudah tua. sedangkan buah seledri berbentuk bulatan kecil. Buah seledri memiliki warna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi coklat ketika tua.


Manfaat seledri yang selama ini Kita tahu hanyalah sebagai bumbu masak dan juga bahan herbal penumbuh rambut. Padahal, tanaman mini ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan baik daun, batang maupun akar seledri memiliki manfaat masing-masing bagi kesehatan tubuh manusia. Apa sajakah manfaat itu? berikut Khasiat.co.id rangkumkan 20 manfaat batang seledri bagi kesehatan.

1. Menurunkan tekanan darah

Seledri mampu menekan sistem syaraf sehingga menurunkan tekanan darah secara bertahap. Karena itulah, jus seledri sangat baik bagi penderita hipertensi.

2. Menurunkan kadar kolesterol

100 gram daun dan batang seledri mengandung 16 gram kalori non larut. Jika dikonsumsi, kalori ini akan bereaksi dengan tubuh dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Menyehatkan otot

Batang seledri mengandung kalium dalam kadar yang cukup tinggi. Kalium akan membantu tubuh memecah karbohidrat dan juga membentuk otot yang kuat.

4. Mencegah kanker

Manfaat batang seledri yang tak terduga lainnya adalah sebagai anti kanker. Hal ini dikarenakan batang tanaman berbau khas ini kaya kaya antioksidan flavonoid seperti zea xanthin, lutein, dan beta karoten yang sangat ampuh melawan sel kanker.

5. Sumber vitamin A

Batang seledri merupakan bahan pangan yang mengandung vitamin A dalam jumlah besar. Adapun kegunaan vitamin jenis ini adalah untuk menjaga selaput lendir, mata dan kulit tetap sehat.

6. Mengoptimalkan metabolisme tubuh

Banyak yang belum tahu jika batang seledri mengandung asam folat, riboflavin, niasin, dan vitamin C yang sangat berguna untuk merangsang metabolisme tubuh. Kandungan yang lengkap seperti ini akan mempercepat metabolisme sehingga apapun yang Kita makan dapat diolah menjadi energi dengan lebih cepat.

7. Mempercepat penyembuhan luka

1 gelas jus batang seledri mengandung 118 mikro gram vitamin K yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin K dalam tubuh. Jika kadar vitamin K dalam tubuh cukup, maka luka memar dan luka berdarah akan lebih cepat sembuh.

8. Membantu menurunkan berat badan

Bau dan rasa yang khas dari seledri akan membantu menekan nafsu makan Anda terhadap makanan manis. Oleh karena itu, tanaman ini juga dapat menjadi salah satu cara diet sehat.

9. Menjaga kesehatan gigi

Batang seledri mengandung kalsium yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Kalsium akan membantu rangka dan juga gigi tetap kuat.

10. Asupan nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui

Batang seledri mengandung folat yang sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui. Folat adalah salah satu vitamin B yang dapat membantu tubuh memproduksi dan mensintesa protein dalam tubuh. Bahkan, satu gelas jus seledri mampu memenuhi 29% kebutuhan folat pada bu hamil. Kandungan ini lebih tinggi dan lebih baik dibandingkan dengan kandungan folat dalam satu gelas susu khusus ibu hamil dan menyusui.

Komentar